Indonesia dan Upaya Pembinaan Pra-Pernikahan dalam Islam

Setiap pasangan yang menikah pasti menginginkan kehidupan rumah tangga yang selalu harmonis atau sakinah, mawadah, waramah (samara). Namun, bukankah pasangan-pasangan yang belum menikah, belum memiliki ilmu atau pengetahuan yang cukup mengenai kehidupan berumah tangga?

Tenang saja karena di Indonesia ada gerakan yang mengadakan pembinaan pra-nikah untuk calon-calon pasangan yang akan menikah. Disesuaikan dengan agama Islam, informasi yang disadur dari kompasiana.com, ada daerah yang melakukan pembinaan ini dengan lokasi di masjid.

Karena masjid merupakan rumah Allah di mana semua petugas yang bekerja di sana pasti atas dasar ikhlas karena Allah jika diberikan amanah untuk melakukan pembinaan ini. Materi pembinaan biasanya seputar penguatan akidah, penjagaan keluarga, dan KDRT.

Hal ini juga bertujuan untuk menjelaskan job description dan juga hak suami serta istri dalam keluarga. Mengetahui job description itu penting agar tidak terjadi tumpang tindih antara kewajiban suami dan istri. Diketahui bahwa mayoritas permasalahan yang dialami oleh sebagian keluarga di Indonesia adalah dikarenakan tidak pahamnya pasangan akan deskripsi tugas masing-masing.

Dilansir dari radar-bekasi.com, salah satu daerah yang menerapkan pembinaan ini adalah Bekasi. Jika di Bekasi, pembinaan ini dilakukan di KUA setempat dengan materi meliputi pendidikan bidang manajemen keluarga, pola asuh dan pendidikan anak serta ekonomi keluarga.

Karena itulah dasar yang harus dipegang oleh suami dan istri dalam berumah tangga agar dapat meminimalisir munculnya masalah-masalah dalam keluarga.

paket pernikahan islami

Bagikan :